Kamis, 02 Agustus 2018

Khutbah Jum'at : Islam Itu Mudah dan tidak sulit


Khutbah Jum’at
Masjid Al Surya RS Delta Surya Sidoarjo
Jum’at, 3 Agustus 2018
Judul : Islam Itu Mudah dan tidak sulit
Oleh :Imam Mukozali, S.Ag.,MM
Penyuluh Agama Islam Kab. Sidoarjo

Ada sebagian manusia yang beranggapan bahwa agama Islam ini sulit dan berat dalam pelaksanaan ibadahnya. Ketahuilah bahwa tidak ada yang merasa berat dalam pelaksanaan ibadah kecuali
(1) Tidak ikhlas dalam beribadah
(2) Tidak memiliki ilmu yang memadai dalam beribadah.
Jika ibadah dilakukan dengan ikhlas dan dilakukan sesuai petunjuknya yang shahih maka tidaklah ditemukan sesuatu yang sulit dan berat dalam menjalankan syariat ataupun ibadah dalam agama Islam yang mulia ini.
Diantara bukti kemudahan  syari’at Islam khususnya dalam ibadah adalah bahwa Islam   hanya menyuruh umatnya melakukan perintah sesuai kemampuan.
Allah berfirman :
فَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ مَا ٱسۡتَطَعۡتُمۡ ... 
Maka bertakwalah kepada Allah menurut kesanggupanmu (Q.S at Taghabun 16).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah memerintahkan para hambaNya agar bertakwa kepadaNya yaitu dengan menunaikan perintah sesuai kemampuan dan menjauhi larangannya. Ayat ini menunjukkan bahwa kewajiban yang tidak mampu dilakukan seorang hamba menjadi gugur. Jika seorang hamba mampu menunaikan sebagian kewajiban dan tidak mampu menunaikan kewajiban lainnya, maka ia cukup menunaikan kewajiban yang mampu dia lakukan. (Tafsir Karimur Rahman).

Rasulullah bersabda :

“Maa nahaitukum anhu fajtanibuhu. Wamaa amartukum bihi faktu minhu mastatha’tum.”
Apa yang aku larang kalian atasnya maka jauhilah. Dan apa yang aku perintahkan kalian maka lakukanlah semampu kalian (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).
Setelah diberikan perintah untuk melaksanakan ibadah sesuai kemampuan, Allah Ta’ala juga memberikan banyak rukhsah sebagai keringanan bagi umatnya.  Sungguh Allah Ta’ala sebagai Khaliq, Maha Mengetahui tentang kelemahan hambaNya. Maka dalam syari’at Islam Allah memberikan rukhshah atau keringanan yang banyak.
Allah berfirman :
 يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ ...

2.Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.
[Al Baqarah:185]

Ma’asyiril Mukminin rahima kumulloh,

Seperti menyembelih hewan qurban, satu sisi merupakan sebuah kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat manusia yang mampu, tetapi dalam sisi lain bagi yang belum mampu diberikan kelonggaran atau toleransi oleh Alloh SWT untuk tidak berqurban.

Dalam surat Al Kautsar difirmankan:

إِنَّآ أَعۡطَيۡنَٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ ١  فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ ٢  إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلۡأَبۡتَرُ ٣
1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak
2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus

Sehingga bisa kita pastikan bahwa Islam adalah agama yang mudah dan sesuai dengan fitrah manusia. Islam adalah agama yang tidak sulit. Allah Azza wa Jalla menghendaki kemudahan kepada umat manusia dan tidak menghendaki kesusahan kepada mereka. Setiap apa yang diperintahkan oleh Alloh kepada manusia pasti diikuti dengan perintah yang lain yang meringankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar