Kamis, 01 Maret 2018

“Rahmat Alloh”



Masjid Baitul Karim Al Mukmin
Jum’at, 16 Pebruari 2018
Judul : “Rahmat Alloh”

Kata “rahmat” memiliki makna yang luas. Setiap pemberian Allah di alam ini, berupa materi atau non-materi disebut sebagai rahmat. Allah berfirman, (QS.Fathir:2) :

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
“Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS.Fathir:2)
Karena itulah terkadang seorang mukmin berada dalam kondisi yang terjepit. Seluruh pintu tertutup baginya, namun Allah menurunkan rahmat ke dalam hatinya sehingga ia merasa bahagia,  tenang dan tentram walau tertawan di dalam penjara.
Terkadang kondisinya terbalik. Segala pintu terbuka dihadapan seseorang, rezekinya melimpah dan segala urusannya mudah. Namun hatinya terasa sempit, ia melihat dunia yang luas ini seperti penjara yang gelap. Itu semua karena pintu rahmat belum terbuka di dalam hatinya.
Kondisi ini dirasakan oleh setiap manusia. Terpenuhinya keinginan materi tidak menjamin ketenangan hati seseorang jika rahmat Allah tidak sampai kepada hatinya.
Lalu bagaimana agar kita selalu dalam posisi mendapat rahmat Allah? Diantaranya adalah :
1.     Berbuat Baik.
إِنَّ رَحْمَتَ اللّهِ قَرِيبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِينَ
Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.” (QS.Al-A’raf:56)
Kuncinya adalah berbuat kebajikan kepada siapa saja, makhluknya Alloh SWT. Baik manusia, hewan tumbuhan atau alam semesta.
Allah SWT berfirman:
÷bÎ) óOçFY|¡ômr& óOçFY|¡ômr& ö/ä3Å¡àÿRL{ ( ÷bÎ)ur öNè?ù'yr& $ygn=sù 4
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, Maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri,   (QS. (17) al Isro’ :7)

2. Memohon ampunan (Istighfar) kepada Allah.
لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dia (Shalih) berkata, “Mengapa kamu tidak memohon ampunan kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat?” (QS.An-Naml:46)
Orang yang sering minta ampun kepada Alloh akan mendapat 3 kebaikan  sebagimana Rasululloh mengatakan :
Manlazimal istighfar ja’alallohu minkuli humin faroja (melapangkan seluruh urusan)
Wamingkuli dzikin makhroja
(jalan keluar dari seluruh permasalahan)
Warazaqahu min haitsu layahtasib ( rezeki dari pintu yang tidak disangka2)
Kitapun jarang yang berfikir bahwa kenikmatan yang kita peroleh itu bukan karena kerja keras kita saja, bukan karena ketekunan kita saja, bukan karena kekhusukan ibadah kita  saja, bukan karena amal kita  saja, namun lebih dari itu kenikmatan yang kita peroleh itu karena Rohman dan Rohim-Nya Alloh SWT.  Semoga senantiasa mendapatkan rahmat Alloh SWT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar