Senin, 25 Mei 2020

MEMBERIKAN RASA NYAMAN


MEMBERIKAN RASA NYAMAN
Peran seorang penyuluh di tengah-tengah badai Covid 19 salah satunya adalah memberikan rasa nyaman dan aman dari virus corona. Berbagai langkah dilakukan termasuk penyemprotan disinfektan di rumah warga sebagai bentuk kepedulian dan bentuk dakwah yang tidak kalah dengan yang lain. Apapun bentuk kegiatan dan aksi yang bermanfaat bagi orang lain adalah bentuk atau wujud sabda Rasul : “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat kepada orang lain”
Corona memang sangat terasa memberikan dampak terhadap sendi kehidupan manusia dengan berbagai macam hal diantaranya adalah kesehatan, ekonomi, sosial. Namun yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat kita adalah dampak ekonomi. Banyak diantara masyarakat kita yang tidak lagi bekerja, tidak bisa jualan, PHK, pemotongan gaji dan lain-lain.
Sungguh ini merupakan kondisi yang sulit dan memprihatinkan. Salah satu yang kita perbuat untuk sedikit meringankan beban mereka adalah mencoba menggalang kepedulian atau partisipasi warga dalam bentuk donasi dari tetangga kanan kiri.  Bentuk donasi ini bisa berbentuk uang dan sembako. Sedikit yang kita lakukan semoga bisa manfaat dan berguna bagi mereka yang membutuhkan.  Karena kita mengtahui bahwa kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada kita sendiri dan kejahatan yang kita lakukan akan juga kembali kepada kita sendiri. Firman Alloh dalam surat al Isro’ ayat :7
إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri ..”


Jika kita menolong orang lain, Allah akan menolong kita.
Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِى حَاجَتِهِ
Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah membantu keperluannya.
(Muttafaq 'alaih)

Imam Mukozali
Penyuluh Agama Islam Kab Sidoarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar